Jumat, 25 Mei 2012

RPP Geometri dimensi dua( transformasi bid .datar)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XI / Genap
Pertemuan ke              :
Alokasi Waktu            :  8 x 45  menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi   : 10. Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua
Kompetensi Dasar        : 10.3.    Menerapkan transformasi bangun datar
Indikator                      : 1. Menjelaskan transformasi bangun datar  menurut jenisnya
   2. Mengerjakan transformasi bangun datar menurut jenisnya

A. Tujuan Pembelajaran : siswa dapat :
1. Siswa dapat menentukan transformasi bangun datar menurut jenisnya.
2. Siswa  dapat Menentukan koordinat bayangan dari jenis-jenis transformasi dengan benar secara individu.

B. Materi Pokok :  Jenis-jenis transformasi bangun datar
                             - Translasi
                             - Releksi
                            - Rotasi                
                            - Dilatasi
C. Model dan Metode Pembelajaran
Model  : Pembelajaran Langsung
Metode: Demonstrasi, Ceramah,  Tanya Jawab, dan Pemberian Tugas.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
1 Kegiatan Awal
·         Mempersiapkan kondisi peserta didik, dengan cara meminta peserta didik menyiapkan buku pelajaran,  menyiapkan alat tulis, berdo’a, mengecek kehadiran, membersihkan tulisan yang ada di papan tulis apabila papan tulisnya masih kotor serta menanyakan kabar peserta didik.


2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Ø  Guru dan peserta didik dapat memberikan contoh bidang dataran
Ø  Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/materi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang lain.
Ø  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik  dengan guru, lingkungan, dan suber belajar lainnya 
Ø  Guru melibatkan peserta didik  secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik baik dalam diskusi maupun dalam pemberian tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik  lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
·         Konfirmasi
Dalam kegiata konfirmasi :                          
Ø  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
ü  Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta-peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
ü  Membantu menyelesaikan masalah
ü  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
ü  Memberi informasi untuk berekspolarasi lebih jauh.
ü  Memnerikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berfartisipasi aktif.
·          
 C. Kegiatan Akhir.
          1. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
          2. Guru memberi pekerjaan rumah
          3. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama dan memberi salam kepada siswa
      
E. Sumber Belajar
- Buku teks matematika untuk SMK kelas XI semester II Yudhistira
- Lembar Terbimbing
- Soal yang diberikan guru pada kartu dan soal lanjutan

F. Penilaian
a. Jenis tagihan      : tes tertulis
b.Teknik                : tugas individu
c. Bentuk               : uraian obyektif
                  
Contoh soal tes :
1.      Tentukan hasil translasi dari titik A(-1, 4) danB(-5, 1), jika ditranslasikan oleh T=!
2.      Tentukan bayangan titik A(2, -5) setelah dicerminkan terhadap garis x = -4, kemudian dicerminkan sumbu y, setelah itu dicerminkan sumbu x dan terakhir dicerminkan terhadap sumbu y = -3!
3.      Tentukan bayangan titik A(2, -5) setelah dicerminkan terhadap garis y = x, kemudian dicerminkan terhadap titik (3,4), setelah itu dicerminkan pada titik pangkal dan terakhir dicerminkan terhadap sumbu y = -x!

4. Tentukan bayangan titik A(1, -4) jika diputar terhadap:
a. O(0,0) sejauh 2700                                   c. P(2,3) sejauh -900
b. O(0,0) sejauh -1800                         d. P(3,4) sejauh

5. . Tentukan bayangan titik A(5,6)oleh dilatasi:
a. [O, 3]
b. [P(2, 3), 4]


Kunci Jawaban :
1    1.B’(-2,-1)
      2.A””(10,-1)
3    3. A””(10,1)
      4  a. A’(1,4)
    b. A’(-1,4)
    c. A’(-5,4)
    d.A’(5,12)5. a. A’(15,18)
    b. A’(14,-6)






Mengetahui                                                                           Pekanbaru,   Mei 2012
Kepala SMKN 2 Pekanbaru                                               Guru mata pelajaran


DR, H. Syahril, SPd.MM                                                   Mairustuti
NIP.195612311982031430                                                  NIP.196610221992032003

0 komentar:

Posting Komentar

 
>